7-DATA RECOVERY SUITE – APLIKASI IT FORENSIC REVIEW

7-Data Recovery Suite adalah perangkat lunak yang menawarkan cara untuk mengembalikan file yang telah terhapus dari hard drive atau perangkat penyimpanan eksternal .


Karakteristik dari program ini yaitu Interface pengguna yang sederhana dan beberapa mode operasional yang dapat anda pilih untuk digunakan. Dengan demikian, anda dapat memilih tugas pemulihan file untuk hanya yang telah dihapus atau restorasi lengkap dari semua data hilang.
Aplikasi pemulihan data ini lengkap dan mampu untuk menyelamatkan file hampir di semua kondisi, termasuk : tidak sengaja file terhapus; rusak , jatuh atau diformat hard drive; hilang / dihapus partisi; foto atau video yang hilang dari drive lokal, kartu memori, atau kamera; File hilang dari ponsel , dan beberapa lainnya.
Berikut ini adalah contoh penggunaannya.
Gambar 1 Tampilan Utama 7-Data Recovery Suite
Kemudian pilih salah satu mode atau opsi pemulihan yang diinginkan. Pada kali ini saya menggunakan Deleted Recovery atau Pemulihan file yg telah didelete.
Gambar 2 Memilih mode pada 7-Data Recovery Suite
Kemudian akan muncul window seperti gambar di bawah ini. Disini user diperslahkan untuk memilih drive yg ingin dipulihkan. Klik next untuk melanjutkan. 
Gambar 3 Memilih Drive pada 7-Data Recovery Suite


Kemudian akan muncul direktori-direktori yang menurut program terdeteksi memiliki data yang terhapus atau tidak sengaja terhapus. Disini user bisa memilih direktori mana saja yang ingin dipulihkan datanya, seperti gambar di bawah ini.


Gambar 4 Memilih direktori pemulihan file


Setelah dilanjutkan maka user dipersilahkan untuk memilih direktori mana nantinya hasil pemulihan di letakkan, seperti gambar dibawah ini.


Gambar 5 Memilih direktori untuk tempat hasil pemulihan file


Kemudian tunggu proses nya selesai dan hasilnya bisa dilihat seperti gambar dibawah.



Gambar 6 Hasil Pemulihan File
Silahkan cek direktori yang sebelumnya digunakan sebagai tempat hasil pemulihan, maka akan tedapat folder baru. Didalamnya berisi direktori folder letak file asli dimana file yang dipulihkan terhapus. (mungkin untuk lebih jelasnya bisa dipraktekkan sendiri :D).

Leave a Reply